Kakannwil Kemenkumham Aceh Tengah Malam Sidak Lapas Kelas II B Langsa, Sipir Sempat Tak Buka Pintu Gerbang 

Editor: Redaksi author photo
Langsa,Hariannusantara.Id - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Aceh, Lilik Sujandi, Selasa (26/11/2019) pagi dini hari lakukan inspeksi mendadak ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Langsa.

Menariknya, ketika orang nomor satu jajaran Kemenkumham Provinsi Aceh itu ditengah malam buta mengetuk pintu gerbang Lapas Kelas II Langsa.

Sipir yang bertugas dan berjaga tidak membuka pintu gerbang bahkan tidak menanyakan sesuatu.

“Bagus, berarti petugasnya (Sipir) patuh terhadap instruksi pimpinan,” kata Lilik.

Ia menerangkan sidak dilakukan selain ingin melihat langsung kesiapan petugas dilapangan menjalankan tugas juga  melakukan Pembinaan, Monitoring, Pengawasan dan Pengendalian (Bintorwasdal) Unit Pelaksana Tugas (UPT) Lapas.

Diakuinya Ia sengaja memilih waktu tengah malam jelang pagi. Karena ingin memastikan langsung bahwa petugas dalam kondisi siap setiap saat.

“Saya ingin masuk dan melihat lapas namun petugas tidak membukakan pintu gerbang dan tidak menanyakan sesuatu pun pada kami, bagus berarti petugas  patuh instruksi atasan,” kata Lilik

Mendapati kondisi itu selanjutnya ia menghubungi Kalapas IIB Langsa Sayed Mahdar, SH.Didampingi Kalapas barulah pintu gerbang dibuka oleh petugas piket yang berjaga saat itu.

“Bagus, bagus petugasnya sangat siap” puji Lilik berulang-ulang penuh rasa bangga.

Lilik Sujandi yang saat itu juga didampingi Rudi Hartono Kadivmin Kemenkumham Kanwil Aceh langsung masuk kedalam Lapas, melakukan pengecekan dan mengontrol setiap blok hunian Lapas.

Ia juga sempat menyapa dan berbincang serta menanyakan langsung pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) terkait pelayanan yang diberikan oleh petugas.

Menyangkut kebersihan dapur, kesiapan bahan makanan dan cara penyajiannya.

Kakanwil Kemenkumham Aceh itu juga memuji terhadap kebersihan lingkungan Lapas Kelas IIB Langsa.

“Bersih, terus pertahankan suasana ini,” ujarnya

Usai lakukan sidak pada Wartawan Lilik Sujandi menjelaskan Bintorwasdal dilaksanakan pihaknya guna memastikan kondisi lapas diwilayah kerja jajaran Kanwil Kemenkumham Aceh selalu kondusif.

“Pelayanan kepada WBP dan pengunjung berlangsung prima itu hal paling utama,” ujarnya.

Dikesempatan itu Kakanwil Kemenkum Aceh juga memberikan motivasi kepada petugas agar selalu meningkatkan kinerjanya.
Share:
Komentar

Berita Terkini