Peringati HUT HKN ke-55, Dinas Kesehatan Galakkan Germas dan Sunatan Massal

Editor: Redaksi author photo
Aceh Tamiang, Hariannusantara.Id - Kepala pukesmas  Sapta Jaya Hud Effendi,S.Kep.MAP mengatakan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-55.

Pemerintah Aceh Tamiang melalui Dinas Kesehatan menyelenggarkan kegiatan antara lain sunatan massal, dan berbagi bingkisan bagi anak-anak Stunting, dan Filariasis (kaki Gajah).

Kegiatan sunatan  ini merupakan Peringatan Hari kesehatan Nasional (HKN) oleh bidang Kesmas yang dititik fokuskan di Pukesmas Sapta Jaya.

Kepala Dinas Kesehatan Dr. Catur Haryati MARS, melalui Kasi Kesehatan Keluarga dan Gizi Masyarakat Zulfanda Manik, Ns.S.Kep mengatakan, " Tujuan kegiatan HKN adalah untuk meningkatkan kualitas kesehatan dengan melibatkan seluruh stakeholder terkait, pemerintah hingga masyarakat untuk menggalakkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dalam kehidupan sehari-hari," kata Zulfanda Manik (7/11/2019).
Lebih lanjut Ia menerangkan, GERMAS adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat untuk mewujudkan kesehatan semesta bagi semua," pungkasnya.

Dr. Syuaibah yang juga sebagai ketua penyelenggara menjelaskan rangkaian HKN ke-55 di Pukesmas Sapta Jaya diawali dengan kegiatan sunatan massal yang telah diselenggarakan Kamis dini hari dan diikuti oleh 50 anak dari keluarga kurang mampu yang ikut sunatan massal.

Pelaksanaan sunatan massal dilakukan di lingkungan Puskesmas Sapta Jaya.

Kepala Pukesmas Sapta Jaya Hud Effendi mengatakan," Peserta sunatan massal juga mendapat bingkisan berupa, kain sarung dan peci serta ampau dari panitia penyelenggara," tuturnya Hud Effendi.

Tujuan dari kegiatan sunatan massal adalah untuk menghidupkan kembali budaya dan syiar dalam masyarakat, membantu masyarakat untuk memahami serta melaksanakan khitan sesuai dengan perintah dan ajaran agama.

Selain itu untuk meringankan beban masyarakat dari sudut pandang ekonomi juga mengurangi risiko infeksi penyakit seksual menular dan menjaga dan melindungi organ seksual laki-laki agar selalu sehat.

"Melalui sunatan massal ini merupakan peluang untuk berbagi kebahagiaan dari para insan kesehatan dan organisasi profesi yang ada di Sapta Jaya kepada masyarakat untuk mewujudkan GERMAS," tutupnya Hud Effendi

Penulis ; Muhammad Irwan, Aidil
Share:
Komentar

Berita Terkini