KOMNAS PKLH Aceh Memberikan Sosialisasi Tentang Penangan Limbah B3 Di Puskesmas Kejuruan Muda Aceh Tamiang

Editor: Redaksi author photo
Aceh Tamiang,Hariannusantara.Id - Kehadiran Lembaga Perlindungan Konsumen Dan Lingkungan Hidup Nasional (PKLH) didaerah Aceh yang berperan sebagai pemberi Inovasi baru dan pencerahan dalam penanganan Limbah B3 yang menjadi permasalahan Komplek dalam penanganan tentangnya dan menghadapi agar tidak melawan aturan hukum tentang pencemaran Limbah B3 Di Aceh khususnya .

Untuk itu Ketua Lembaga Perlindungan Konsumen Lingkungan hidup (PKLH) provinsi Aceh Raden Endang yang di dampingi Ketua Bidang Lingkungan hidup T M Rangga kembali di undang ke Puskesmas Kecamatan Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang Kamis (5/12/2019) .

Dihadapan sejumlah petugas keperawatan , kepala pustu , Bidan Desa serta pelayanan imunisasi serta kepegawaian dilingkupan Puskesmas Kejuruan Muda . Raden Endang yang Didampingi T M Rangga memberi penjelasan dan pencerahan pada peserta tentang penanganan dan pengolahan limbah B3 dengan cara sederhana dan baik ,

semua itu bertujuan demi meningkatkan kesejahteraan kesehatan Masyarakat dan memberi kenyamanan lingkungan hidup di Wilayah lingkupan Puskesmas Kecamatan Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang. Adapun materi yang diberikan Raden Endang merupakan memberi pencerahan dan penanganan tentang jenis limbah Infeksius yang diantaranya Limbah Benda Tajam , Sampah Menular ,Jaringan Sampah tubuh (patologis ) ,sampah citotoksik Sampah Kimia dan sampah Radio aktif serta sampah plastik .

Lebih jauh Raden Endang menjelaskan sampah yang disebutkan tersebut merupakan sampah yang sangat berbahaya dan butuh penanganan khusus dan perlu diperlakuan khusus dikarenakan sampah B3 dibakar dengan menggunakan mesin khusus yaitu incenerator dan dikubur dengan membuat bak atau bisa juga dibuat cor coran berbentuk kapsul agar tidak tercemar dilingkungan.

Imran S.kep sebagai pemegang Perogram Puskesmas kejuruan Muda nenerangkan pada Bidik Kasus , tingkat tahapan penanganan pengolahan limbah B3 di Puskesmas Kejuruan Muda " kami baru melakukan tingkat tahapan pemilahan dan pengumpulan limbah sehingga untuk tahapan lebih lanjut kami akan programkan untuk penanganan yang lebih baik lagi",tutupnya.

Penulis : Andre
Share:
Komentar

Berita Terkini