Puskesmas Manyak Payed Mengundang Komnas PKLH Aceh Untuk Memberikan Sosialisasi Pengolahan Limbah B3

Editor: Redaksi author photo
ACEH TAMIANG - DPW KOMNAS PKLH Aceh yg diketuai Raden Endang AR didampingi Ketua Lingkungn Hidup T.M Rangga dan Staff Penelitian dan Pengembangan Andri Septarianja memenuhi undangan dari PUSKESMAS Manyak Payed untuk memberikan sosialisasi tentang pengolahan limbah B3, yang di sambut hangat Kepala PUSKESMAS Manyak Payed Irwansyah SKM. kamis 19/12/2019.

Dalam pertemuan tersebut di hadiri oleh seluruh  Bidan Desa, Cleaning Service dan Kepala Ruangan Puskesmas manyak payed. Ketua Komnas PKLH Raden Endang AR memberikan Motifasi dan arahan agar pemilahan limbah B3 dilakukan mulai dari ruang pelayanan.

Kepala Puskesmas Manyak Payed  Irwansyah SKM bersamaan dengan kegiatan tersebut juga  mengatakan kegiatan ini adalah edukasi tentang pengelohan limbah B3.
Irwansyah juga menambahkan "pelayanan di puskesmas selama ini bejalan dengan baik dan kita juga mendapat predikat penilaian terbaik di kabupaten aceh tamiang".

Kembali dalam pertemuan tersebut dalam season tanya jawab, di dapati satu permasalahan baru yang tak kalah pentingnya. Pertanyaan itu di lontarkan oleh anggota Puskesmas atau bidan yg hadir pada forum yaitu tentang Limbah cair yang di hasilkan di seluruh Polindes. Misalnya limbah darah dari persalinan yang sampai pada saat ini belum dapat di tangani dengan sempurna.

Penanganan limbah cair di polindes selama ini dilakukan dengan cara di alirkan ke saluran biasa dan juga ke saluran milik masyarakat. Yang sering terjadi jika aliran itu tersumbat dikhawatirkan menyebabkan Terkontaminasi air dan udara di lingkungan sekitar. Atas dasar  hal tersebut selepas acara Komnas PKLH langsung melaporkan kepada pihak kecamatan. Diwakilkan oleh Seketaris Camat (Sekcam) yg akrab di panggil Saftian di kantor Kecamatan manyak payed Komnas PKLH menyampaikan bahwa pihak kecamatan segera menghimbau kepada seluruh datok yang berada di wilayah kecamatan manyak payed agar pada anggaran di tahun berikutnya  melakukan mata anggaran untuk pembuatan savety tank ipal atau pengolahan limbah cair sederhana di polindes atau postu setempat.
Ketua Lingkungan Hidup Komnas PKLH Aceh Bpk T.M Rangga secara terpisah menegaskan kunjungan ini dilakukan secara acak di wilayah Kabupaten aceh tamiang. Termasuk Puskesmas Manyak payed adalah untuk memastikan dan memberi edukasi agar penghasil limbah B3 dapat di kelola dengan baik di tengah keprihatinan kita bersama akan peliknya masalah pengelolaan dan pengolahan sampah infeksius atau B3 yang belum di lakukan dengan baik dan benar.

Sehubungan dengan itu pihak kecamatan melalui Sekcam mengatakan akan segera menghubungi pihak Puskesmas untuk di konfirmasikan kepada seluruh datok sekecamatan manyak payed. | ANDRE
Share:
Komentar

Berita Terkini