Tpk Kampung Suka Makmur Tidak Transparan Kepada Masyarakat

Editor: Redaksi author photo
ACEH TAMIANG - Pemerintah Desa dalam melaksanakan pelayanan informasi dapat mengacu pada Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2018 tentang Standar Layanan Informasi Desa.

Diduga masih banyak permasalahan - permasalahan besar dan kecil karena ulah oknum. Keterbuakaan informasi data meminimalisir kasus korupsi di negeri tercinta ini.

Salah satu contoh pembangunan talud yang menggunakan Anggaran Dana Desa (ADD) di dusun ingin jaya kampung suka makmur kecamatan kejuruan muda tidak transparan kepada warganya, sabtu (28/12/2019).

Terdengar informasi kepada awak media dari warga kampung suka makmur tentang pembangunan talud yang dinilai asal jadi. Salah seorang warga yang bernama Putra mengambil inisiatif untuk mempertanyakan kepada Tim Pelaksa Kegiatan (TPK) perihal pengerjaan yang sedang dilakukan oleh pemborong bangunan tersebut.

Putra juga mengatakan,"saya sudah mencoba bertanya kepada perangkat desa, mereka tidak mau memberikan kan penjelasan terkesan tidak terbuka dan saling lempar"pungkasnya.

Padahal kami selaku masyarakat harus tau tentang segala informasi dan keterbukaan publik agar tidak ada penyelewengan dana yg saya rasa cukup besar yaitu 101.000.000, tambah putra.

Menurut ketentuan Pasal 24 huruf d) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa menyatakan bahwa salah satu asas penyelenggaraan pemerintahan desa adalah keterbukaan.

Yang dimaksud dengan keterbukaan adalah asas yang membuka diri terhadap hak masyarakat untuk memperoleh informasi yang benar, jujur, dan tidak diskriminatif tentang penyelenggaraan Pemerintahan Desa dengan tetap memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dipertegas kembali pada Pasal 26 ayat (4) dalam menjalankan tugasnya Kepala Desa berkewajiban untuk huruf f) melaksanakan prinsip tata Pemerintahan Desa yang akuntabel, transparan, profesional, efektif dan efisien, bersih, serta bebas dari kolusi, korupsi, dan nepotisme dan huruf p) memberikan informasi kepada masyarakat Desa. | ANDRE
Share:
Komentar

Berita Terkini