Cek Kesiapan Prajurit dan Alutista di Wilayah Perbatasan, Kasum TNI Kunjungi Nunukan.

Editor: Redaksi author photo

Kasum TNI Letjen Joni Supriyanto disambut dengan tarian adat Tidung dan Pengalungan Bunga di Dermaga Penyeberangan Bambangan Sebatik Kab. Nunukan 
(Dok. Sahar)

Nunukan – Dalam rangka mengecek kekuatan dan kesiapsiagaan para prajurit TNI yang bertugas di perbatasan dalam mengamankan wilayah NKRI, Kepala Staf Umum TNI (Kasum TNI) Letjen TNI Joni Supriyanto melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara, Jumat (10/1).

Letjen Joni Supriyanto yang melakukan perjalanan dengan mempergunakan Pesawat Komersil dari Tarakan  ke Pulau Nunukan didampingi Pangkogabwilhan II Marsdya TNI Fadjar Prasetyo, Danrem 091/ASN Brigjen TNI Widi Prasetijono, serta Danlantamal XIII Trk Laksma TNI Judijanto.

Memulai kunjungan kerjanya di Kabupaten Nunukan, Letjen Joni dan rombongan langsung menyeberang ke Pulau Sebatik, dimana dirinya dan rombongan mendapatkan sambutan langsung dengan tarian adat suku tidung dan pengalungan bunga di dermaga penyeberangan Bambangan Pulau Sebatik.

 Kasum TNI Letjen Joni Supriyanto bersama prajurit Satgasmar Ambalat XXV

Kasum TNI Letjen Joni Supriyanto menerangkan, kunjungan kerja ke perbatasan wilayah Republik Indonesia ini, khususnya di Pulau Sebatik sebuah tugas dan keharusan seorang pimpinan, untuk mengetahui sampai dimana kekuatan dan kesiapan prajurit perbatasan dalam mengamankan wilayah Indonesia.
“Kunjungan kami ini terlepas dari isu yang sedang hangat yaitu konflik Natuna yang masih menjadi perbincangan dan perdebatan hangat,” katanya.

Selain mengecek kesiapan prajuritnya, pimpinan TNI juga ingin memberikan suntikan moril, bahwa menjaga perbatasan bukan hal yang mudah. Dimana, prajurit dituntut untuk selalu tanggap dan waspada terhadap segala ancaman, gangguan, hambatan maupun tantangan yang terjadi di wilayahnya.
“Mengingat wilayah ini berada di perbatasan negara, segala kemungkinan harus diwaspadai dan bertindak cepat sesuai aturan,” tegas Joni.
Letjen Joni Supriyanto berpose bersama prajurit Pos Bambangan Satgas Pamtas Yonif Raider 600/Modang

Di Pulau Sebatik, Joni dan rombongan mengunjungi Pos Bambangan Satgas Pamtas Yonif Raider 600/Modang, Pos Marinir Bambangan, Pos Bukit Keramat Satgas Pamtas Yonif R 600/Mdg. Dimana di setiap pos pengamanan Jenderal Bintang Tiga ini memberikan arahan agar para prajurit di perbatasan ini menjadi pelopor menanamkan cinta tanah air bagi masyarakat sekitarnya dengan bersosialisasi serta memberi motifasi kepada putra – putri  daerah Pulau Sebatik tersebut agar tertarik menjadi Prajurit karier TNI.

Setelah melihat langsung kesiapan prajurit perbatasan, rombongan Kasum TNI kembali ke Pulau Nunukan, didampingi Danlanal Nunukan Letkol Laut (P) Anton Pratomo, Dandim 0911/Nnk Letkol Czi Eko Pur Indriyanto, Dansatgas Pamtas Yonif Raider 600/Mdg Letkol Inf Ronald Wahyudi, Danki Satgasmar Ambalat XXV Kapten Mar Shobirin, serta Danposal Sei Pancang Lettu Laut (S) Adi Suseno. (Zulmas/Ari)
Share:
Komentar

Berita Terkini