Hilang Ketika Melaut, Nelayan Sebatik Di Temukan Selamat.

Editor: Redaksi author photo

Iwan (berbaju hitam) berhasil ditemukan dalam kondisi selamat di daerah Tanjung Bilas Kab. Nunukan (Dok. Humas Polres Nunukan)

HARIANNUSANTARA.ID | Nunukan – Sempat dinyatakan hilang setelah pergi melaut dan tidak kembali, Iwan, warga Kampung Muara Sungai Desa Binalawan Sebatik Barat akhirnya ditemukan di daerah Tanjung Bilas dengan kondisi selamat meskipun perahu yang dipergunakannya untuk mencari ikan dalam keaadan kandas dan bocor, Jumat (31 Januari 2020)
Iwan berhasil ditemukan oleh tim setelah dilaporkan hilang pada hari Kamis, 30 Januari 2020 sekitar pukul 21.30 mengenai Laporan Orang Hilang di laut dari Kapolsek Sebatik Barat Resort  Nunukan melalui WA.

Selanjutnya setelah itu memerintahkan Tim SAR Laut Sat Pol Air Res Nnk bergabung dengan Unit Sar Dit Pol Airudda Kaltara yg di pimpin oleh KBO Sat Polair Res Nnk bersama 4 Personil lain untuk melaksanakan Sar laut ke Tkp di perairan Tg Ahus Nnk, selanjutnya pada pkl 10.00 wita telah menemukan Korban an. Iwan dalam keadaan selamat dan Kapal nelayan yang digunakan dalam keadaan Bocor.

Setelah ditemukan, korban dibawah ke Pos Pol Sat Polair Sedadap untuk di beri makan dan diserahkan kembali ke keluarganya dalam keadaan sehat.

Rentetan upaya kegiatan pencarian sbb :
1. Jumat, 31 Januari 2020 pkl 07. 00 wita, personil gabungan Sat. Polairud Polres Nunukan dan Direktorat Polairud Polda Kaltara melaksanakan persiapan patroli laut pencarian dan penyelamatan orang / nelayan yang diduga hilang di laut Tg. Ahus saat melaut menangkap ikan.

Jumlah Personil sebanyak 5 (lima) orang masing – masing :

1. Iptu Najamuddin, S.AP
2. Brigpol Patriono Batty
3. Briptu AR. Harist
4. Briptu Oktavian DP.
5. Bharatu Mesak (Dir. Polairud Polda Kaltara)

Sebelum pencarian di lakukan Meeting di Pos Polairud Sedadap Sat. Polairud, Polres Nunukan sambil menyiapkan armada speed boat dinas Sat. Polairud beserta kelengkapannya.

2. Pkl 07.30 wita, Personil berangkat menuju tkp laut Tg. Ahus dengan menggunakan speed boat dinas Sat. Polairud CN 40  yang dinahkodai oleh Briptu Oktavian Dana Pratama.

3. Hasil patroli laut Search And Rescue (SAR) terhadap sdr. Iwan yang diduga hilang diperairan laut Tg. Ahus sbb :

a. Jumat, 31 Januari 2020 pkl 07.30 wita, Tim SAR bertolak dari Pos Polairud Sedadap Nunukan Selatan dengan menggunakan speed boat dinas Sat. Polairud CN 40 yang dinahkodai oleh  sdr. Sumardi (sipil)

b. Pkl 10.00 wita, sdr. Iwan beserta perahunya ditemukan diperairan Tg.Bilas Nunukan dalam keadaan kandas dan bocor di gusung arah muara Sebaung (titik koordinat dan peta terlampir). Perahu sdr. Iwan sudah terbenam didalam air.  Sdr. Iwan sendiri berenang dan berjalan kaki ke daratan Tg. Bilas sambil menunggu bantuan pertolongan dari petugas atau teman nelayan. Sdr. Iwan pertama kali ditemukan di tkp oleh keluarga dan teman-teman nelayan yang sedang mencari dengan menggunakan 3 buah perahu dompeng milik sdr. SAPRI, RAHMAT dan SULTAN bermuatan 21 orang.

c. Sdr. Iwan beserta perahu dievakuasi dari tkp penemuan Tg. Bilas ke Kampung Muara Sungai Desa Binalawan, Sebatik Barat dengan menggunakan  sebuah perahu dompeng milik sdr. SAPRI dikawal oleh  Tim SAR gabungan Sat. Polairud Polres Nunukan dan Direktorat Polairud Polda Kaltara dengan menggunakan speed boat dinas Sat. Polairud Polres Nunukan pkl 10.30 wita, tiba pkl  wita, disambut oleh keluarga dan teman-teman Iwan dari kalangan nelayan.

d. Kronologis kejadian menurut pengakuan sdr. Iwan sbb :

Rabu, 29 Januari 2020 pkl 07.00 wita, berangkat dari kampung Muara Sungai Desa Binalawan Sebatik Barat menuju perairan laut Tanjung Ahus. Sesampai diperairan laut Tg. Ahus masing-masing nelayan menyebar mencari ikan sampai tiba pkl 17.00 wita sdr. Iwan ingin kembali berkumpul dengan teman-teman nelayan di sungai Iting-iting, tetapi tidak ketemu jalan hingga kemalaman. Pkl 20.00 wita perahu sdr. Iwan naik di gusung perairan Tg. Bilas dan bocor hingga terbenam di air laut. Sesaat kemudian sdr. Iwan berenang ke tepi perairan Tg. Bilas untuk menyelamatkan diri. Selama dua hari berlindung ditepi daratan Tg. Bilas sdr. Iwan hanya makan ikan bakar hasil tangkapannya. Jumat, 31 Januari 2020 sekitar pkl 10.00 wita, sdr. Iwan ditemukan oleh keluarga di Pesisir Tanjung Bilas.
(Sahar/Humas Polres Nnk)
Share:
Komentar

Berita Terkini