Kelompok Tani Tuah Tamiang Budidayakan Tanaman Vanili

Editor: Redaksi author photo
Aceh Tamiang - Demi meningkatkan kesejahteraan ekonomi di bidang pertanian Kelompok tani Tuah Tamiang menghandalkan tanaman Vanili. dalam mencapai keberhasilan para anggota kelompok tani Tuah Tamiang yang diketuai oleh Mahyuddin dan didampingi Babinsa Kopda Wahyu melakukan sosialisasi penanaman Vanili. minggu (12/1/2020)

Disela - sela kegiatan Mahyuddin kepada Harian Nusantara mengatakan "kegiatan hari ini adalah sosialisasi tentang penanaman dan perawatan tanaman Vanili dengan baik dan benar".

Mahyuddin menambahkan "kesulitan kami adalah memperoleh bibitnya karena harus pesan dari luar daerah dan kami tetap optimis dalam budidaya vanili ini merupakan suatu terobosan baru di kabupaten aceh tamiang".

"Harapan semoga setiap tahapan yang kami lalui dalam budidaya Vanili
Berjalan dengan lancar".jelasnya lagi

Di antara berbagai komoditas perkebunan non tradisional, vanili merupakan komoditas ekspor yang mempunyai nilai ekonomi cukup tinggi dan telah mempunyai nama cukup baik di pasar internasional.

Di sisi lain, keberhasilan dalam mengembangkan tanaman vanili tidak hanya dicerminkan oleh peningkatan produksi / produktivitas vanili saja ataupun devisa yang diperoleh negara, namun dalam dimensi yang lebih luas keberhasilan tersebut harus dilihat dari peningkatan pendapatan dan kesejahteraan para petaninya. Oleh karena itu, terkait dengan berbagai upaya peningkatan pendapatan petani vanili, maka upaya Dukungan dari pemerintah atau kerjasama dengan perusahaan yang berskala besar merupakan salah satu upaya petani vanili untuk mencapai tujuan tersebut. Dalam hal ini kerjasama antar subsektor pertanian, yaitu subsektor perkebunan yaitu tanaman vanili dengan subsektor kehutanan (agroforestri) mempunyai peluang yang baik untuk dikembangkan. | Andre/M.Siar
Share:
Komentar

Berita Terkini