Menanti Terang di Perbatasan, PLN siap Wujudkan Jaringan Listrik di Kampung Tebol.

Editor: Redaksi author photo
Legislator asal Sebatik, Andre Pratama menyampaikan Aspirasi Masyarakat Kampung Tebol Desa Sei. Limau kepada PT. PLN Cabang Berau (Dok. Andre P)

HARIANNUSANTARA.ID | Nunukan – Harapan masyarakat perbatasan Pulau Sebatik, khususnya yang bermukim di Kampung Tebol Desa Sei. Limau Kec. Sebatik Tengah untuk mendapatkan pelayanan listrik akan segera terwujud. Hal ini disampaikan oleh legislator asal Daerah Pemilihan Sebatik, Andre Pratama setelah bertemu langsung dengan jajaran PT. PLN Cabang Berau. (Kamis, 23/01/2020)

Andre Pratama berkunjung ke PT. PLN Cabang Berau guna menyampaikan langsung aspirasi dan permohonan masyarakat Kampung Tebol Desa Sei. Limau terkait pengadaan jaringan listrik di Kampung Tebol. Oleh manajemen PT. PLN Cabang Berau hal tersebut langsung di bahas dan menghasilkan beberapa kesimpulan dan program yang diupayakan untuk direalisasikan pada tahun ini.

PT. PLN Cabang Berau akan berupaya melaksanakan pembangunan jaringan baru di Kampung Tebol, Desa Sei. Limau di Tahun 2020 dengan upaya  pengusulan Rebudgeting Belanja PT. PLN Cabang Berau untuk Tahun 2020.


Dalam pembahasan tersebut, penjelasan oleh PT. PLN Cabang Berau yang dipaparkan oleh Putra selaku Manager Jaringan serta didampingi oleh Supervisor Perencanaan Jaringan PT. PLN Cabang Berau, Bibit dan Kepala PLN Ranting Nunukan Rahmat, terkait dengan Infrastruktur Sutet di wilayah Kalimantan Utara diproyeksikan akan rampung pada akhir Tahun 2020, dan ini sangat menentukan ketersediaan Listrik di Wilayah Kabupaten Nunukan, khususnya Lumbis, Lumbis Ogong, Sembakung, Sembakung Atulai, Tulin Onsoi, Sebuku dan juga Seimanggaris.

Untuk kebutuhan Daya Listrik di Kab. Nunukan saat ini diperkirakan sekitar 12 MW dengan Daya Supply sekarang sudah mencapai 13,5 MW, yang nantinya ditambah PLMG Mansapa yang berkapasitas 10 MW dan diperkirakan beroperasi di Tahun 2021 serta PLMG Seimanggaris yang rencana pekerjaan fisiknya dimulai pada awal Tahun 2021, sehingga diperkirakan Daya Listrik di Kabupaten Nunukan akan terpenuhi dan surplus.

Menurut Andre Pratama, Infrastruktur Jalan dan Infrastruktur Listrik sangat berkaitan sekali. “ Ketika sebuah pemukiman atau perkampungan masyarakat telah memiliki akses jalan yang memadai sudah seharusnyalah di ikuti dengan pengadaan Infrastruktur Lisrik “.

“ Kalau sudah jalannya bagus atau layak dilewati oleh mobil crane atau alau berat, kenapa tidak diusahakan pemasangan tiang – tiang beton untuk jaringan listrik menuju ke pemukiman tersebut “ pungkas Andre Pratama. (Sahar/HN)
Share:
Komentar

Berita Terkini