Hujan Deras warnai HUT Ke - 15 PDAM Tirta Darma Kab. Nunukan

Editor: Redaksi author photo

Sekda Kab. Nunukan Serfianus, S.IP, M.Si (DokHumas)

Nunukan - Kendati hujan deras mengguyur Pulau Nunukan, acara Syukuran Hari Ulang Tahun ( HUT) PDAM " Tirta Dharma" Nunukan di Gedung Akbar Ali Nunukan, Sabtu (04/01/2020) tetap berlangsung hikmat dan meriah, bahkan senyum sumringah dari seluruh panitia tak bisa disembunyikan, pasalnya beberapa minggu ini embung - embung yang dikelola PDAM sedang kekurangan air baku, dan hujan deras ini akan menambah air baku yang ada di embung embung.

" Hujan berkah ini mas, semoga hujannya juga deras di hulu", tutur salah satu pegawai yang saat itu bertugas sebagai penerima tamu.

Hadir mewakili Bupati Nunukan, Sekretaris Daerah Kabupaten Nunukan Serfianus,S.IP.,M.Si. Dalam pidato sambutan yang dibacakan Sekretaris Daerah, Bupati Nunukan menyampaikan apresiasi atas kinerja PDAM Nunukan yang telah mampu menjadi garda terdepan dalam pelayanan kebutuhan air bersih

Terkait dengan kebutuhan air baku yang beberapa waktu berkurang sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan pelanggan, Bupati berharap agar PDAM dapat memikirkan rencana strategis jangka menengah dan jangka panjang sehingga pelayanan kebutuhan air bersih dapat terpenuhi di setiap waktu, baik di musim kemarau ataupun di musim kemarau.

Lebih lanjut Sefianus menambahkan bahwa di tahun 2020 Pemerintah Daerah juga menganggarkan untuk penyambungan ke rumah-rumah dan jangkauan jaringan.
Terkait dengan keluhan masyarakat dengan kekurangan air Serfianus menyampaikan karena memang airnya yang tidak ada dan karakteristik sungai di pulau yang pendek tidak seperti sungai sungai yang ada di daratan yang lebar dan panjang.
"Karena memang kemarau airnya nggak ada, yang pertama kita berdoa dan yang kedua hutan kita yang rusak akan secara bertahap mungkin nanti bisa di koordinasi dengan Provinsi karena masalah kehutanan ini sekarang adalah kewenangan provinsi, bagaimana kita menanami hutan lindung kita yang sekarang ini dalam kondisi rusak", tambah Serfianus.

Serfianus mencontohkan mungkin masyarakat bisa melakukan kegiatan-kegiatan sosial penanaman pohon yang juga akan berguna untuk mencegah longsor di DAS ( Daerah Aliran Sungai)
" Saya melihat beberapa karena kerusakan hutan kita, longsor ini juga salah satu penyebab macetnya air, mungkin ini bisa melalui kegiatan-kegiatan sosial, nanti melalui Badan Pengawas kita kalau bisa sebulan sekali menanam bambu di aliran sungai untuk menahan air", tambah Serfianus.

Sementara itu dalam sambutannya Direktur PDAM Masdi mengucap syukur dan mengajak segenap jajaran untuk tetap kompak dan berharap agar kedepan PDAM Nunukan dapat lebih meluaskan jangkauan pelayanan.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Robby Nahak Serang yang juga selaku ketua Badan Pengawas PDAM Nunukan pada kesempatan ini juga menyampaikan apresiasinya atas kinerja yang dilakukan oleh seluruh jajaran PDAM Nunukan

" PDAM Nunukan yang telah berusia 15 tahun ini telah memiliki 14 ribu pelanggan", tutur Robby.
Lebih lanjut Robby menyampaikan ketergantungan Nunukan pada hujan untuk mencukupi air bersih juga sudah harus dipikirkan untuk jangka panjang sehingga kedepannya kebutuhan air dapat terus terpenuhi. (Zulmas/Ar/Humas)
Share:
Komentar

Berita Terkini