Cintailah Lingkungan Bahari Kita

Editor: Redaksi author photo
Aceh Tamiang - Wakil Bupati Aceh Tamiang mengikuti kegiatan penanaman mangrove di Kampung Lubuk Damar Kecamatan Seruway, Jum’at (21/02/20). Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Unsur Forkopimda Kabupaten Aceh Tamiang, Kepala UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan (KHP) Wilayah III Aceh, Kepala Dinas terkait dalam Kabupaten Aceh Tamiang, Kepala BPKH Kreung Tamiang, Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung ((BPDAHSL) Aceh, Para Komandan Pos Angkatan Laut, Datok Penghulu Kampung Lubuk Damar serta undangan lainnya.
Kapolres Aceh Tamiang AKBP Zulhir Destrian saat menghadiri acara penanaman mangrove membacakan amanat Kapolri Drs. Idham Aziz, M.Si menjelaskan bahwa hutan mangrove memiliki peran ekologis yang besar bagi kehidupan manusia dan hutan ini memiliki banyak fungsi mulai dari penyedia sumber makanan, bahan baku industri, mencegah banjir, mencegah erosi hingga fungsi rekreasi.
“Namun demikian, fakta menunjukkan laju kehilangan hutan mangrove sebesar 3 sampai 5 kali lebih cepat dari kehilangan hutan global. Hal ini juga terjadi di Indonesia yang memiliki sepertiga mangrove dunia. Dala kurun waktu dari 2000-2014 Indonesia kehilangan hutan mangrove sebanyak 4.364 Km² atau sekitar 311 Km² pertahun” terangnnya.
Keberadaan hutan mangrove di Indonesia, dijelaskannya, telah mulai digalakkan kembali keberadaanya di beberapa kawasan seperti Sumatra, Jawa, Sulawesi dan Papua dengan melibatkan Stakeholder dan seluruh elemen masyarakat untuk bergerak bersama-sama melaksanakan penanaman mangrove, kelapa, serta ketapang yang merupakan salah satu solusi mencegah terjadinya abrasi. 
Pada prinsipnya, rencana penanaman mangrove Kampung Lubuk Damar Kecamatan Seruway salah satunya bertujuan untuk meminimalisasi dan menghindari kerusakan serta kepunahan keanekaragaman hayati alam Indonesia khususnya wilayah perairan/laut dan pesisir serta mengedukasi masyarakat khususnya para pelajar sebagai generasi penerus bangsa untuk memelihara dan semakin mencintai kelestarian alam dan lingkungan bahari. Serta sebagai upaya meningkatkan kerja sama, koordinasi dan komunikasi dengan seluruh elemen baik Pemerintah, BUMN/BUMD, LSM, serta seluruh elemen masyarakat sebagai implementasi kedekatan dan sinergi polisional dalam mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat terkait upaya untuk memelihara dan menjaga keberlangsungan sumberdaya laut Indonesia baik sumberdaya hayati, non hayati dan jasa lingkungan.
“Untuk itu, mari kita bersama-sama melakukan penanaman pohon mangrove di Kampung Lubuk Damar Kecamatan Seruway Kabupaten Aceh Tamiang edngan harapan dapat mengembalikan ekosistem yang telah rusak agar dapat kita wariskan pada anak cucu kita kelak, sesuai dengan tema yang diusung Cinta Bahari Cinta Indonesia” himbau Kapolres. |Andre
Share:
Komentar

Berita Terkini