Fashion Show Daur Ulang Akhiri Kegiatan HPSN 2020 Di Nunukan

Editor: Redaksi author photo
Nunukan – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2020, Gabungan Komunitas dan organisasi pemuda  Nunukan yang terdiri dari GNH, TNBA, Karang Taruna Pagun Taka, Persaudaraan Setia Hati Terate, Literasi Penekindi Debaya, Pramuka Bakti Husada Diskes Nunukan bersama – sama dengan PDAM Nunukan dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Nunukan mengadakan serangkaian kegiatan HPSN 2020 yang dimulai dari Pembersihan Hulu Sungai Bolong lalu dilanjutkan dengan kegiatan Donasi Sampah dan Bazar pada tanggal 14 – 16 Februari, dan di akhiri dengan Kegiatan Fashion Show dari Bahan Daur Ulang pada hari Sabtu (22/02).

Menurut Koordinator Acara, Sangaji, saat kegiatan Donasi Sampah selama tiga hari partisipasi masyarakat cukup antusias ini dibuktikan dengan jumlah donasi sampah kertas yang terkumpul sebanyak 228 Kg, dan botol plastik bekas hampir 5000 botol.
“Kegiatan Donasi Sampah ini bertujuan mengajak masyarakat untuk bisa memilih dan memilah sampah rumah tangga dengan cara menukar sampah tersebut dengan Voucher yang panitia siapkan, salah satunya Voucher Check Kesehatan yang ditukar dengan botol plastik bekas atau kertas bekas dan juga kita ikut mengedukasikan tentang pengurangan pemakain bahan plastik ini di buktikan dengan penggunanaan Paper Bag yang kami buat untuk parcel peserta dan minuman yang kami sediakan langsung dari gelas yang bisa di gunanakan lagi ” ungkap Sangaji.

Pada malam puncak acara, kata sambutan dari Bupati Nunukan yang dibacakan Kepala Dinas DLH Kabupaten Nunukan dr. Rustam Syamsuddin, menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Nunukan sangat serius menangani persoalan sampah dan kebersihan.
Tahun 2019 lalu, menurut Rustam, Pemerintah Kabupaten Nunukan bahkan sudah mengeluarkan beberapa Peraturan Bupati (Perbup) yang mengatur tentang pengelolaan sampah, yaitu Perbup Nomor 32 Tahun 2019 tentang tentang pengurangan kantong plastik, Perbup Nomor 41 tahun 2019 tentang pedoman pelaksanaan kantor berbudaya lingkungan, Perbup Nomor 40 tahun 2019 tentang pengelolaan sampah dalam penyelenggaraan acara, serta Perbup Nomor 34 tahun 2019 tentang kebijakan dan strategi Kabupaten Nunukan dalam pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga.
"Terbitnya 4 Peraturan Bupati ini adalah wujud komitmen dari pemerintah daerah dalam penanganan sampah dengan langkah langkah yang komprehensif dan tersusun baik," kata Rustam.

Di puncak acara Panitia menggelar acara Fashion Show dari bahan daur ulang yang di ikuti sebanyak 39 peserta yang terdiri dari beberapa perwakilan Tingkat SD, TK/Paud yang ada di Pulau Nunukan. Pada acara tersebut Melona Syafitri dari SDN 002 Nunukan keluar sebagai juara satu, juara dua Grace Marthen dari Paud SPS PAK GRACE dan juara tiga Aura Harits Putri Ramadhani.

Untuk juara harapan satu Nurul Sadatul Kasih dari TK ABA, juara harapan dua Putri Aulia Nurzanah dari SD 002 dan juara harapan tiga Fela Shidqia dari TK Tunas Rimba. Untuk juara favoritnya terpilih Nur Azizah Nitian Putri dari TK Ki Hajar Dewantara.

Acara tersebut di tutup dengan acara Pentas Seni yang di bawakan oleh Sanggar Tari Imbaya Taka dan Baya Taka Bais dan penampilan bintang tamu spesial oleh saudara Alvin membawakan Sape alat musik tradisional dari Kalimantan. (Ari/HN)

Share:
Komentar

Berita Terkini