Sekda Bursel : Buka Acara Pelepasan Latihan Dasar CPNS Golongan II, III bagi 200 Perserta

Editor: Redaksi author photo
Iskandar Walla Sekretaris Daerah kabupaten Buru Selatan

Maluku Namrole -  Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buru Selatan Iskadar Walla, SH, M.Si   mewakili Bupati Buru Selatan dalam membuka acara Pelepasan Peserta   Pelatihan Dasar  CPNS Gol.III dan II berlangsung di Ruang Aula Gedung Kantor Bupati Buru Selatan Jumat 31 Januari 2020. 

Bupati Buru Selatan  DR. Tagop Sudarsono Soulisa, SH. MT  dalam sambutan tertulisnya dibacakan oleh Sekda Kabupaten Buru Selatan Iskandar Walla, mengatakan    perlu dibangun  Pegawai ASN ysng memiliki Integritas, Profrsional ,  Netral dan Bebas dari Intervensi Politik, Bersih dari Praktek Korupsi, Kolusi dan Nepotisme dalam pelaksanaan kebijakan Pemerintah, mampu menyelenggarakan pelayanan publik bagi masyarakat serta mampu menjalankan peran sebagai unsur perekat persatuan dan kesatuan bangsa berdasarkan Undang Undang Dasar  Negara Republik Indonesia 1945.  Lanjut Walla,

Salah satu pertimbangan penting ditetapkannya Undang Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara adalah dalam rangka pelaksanaan cita cita bangsa dan mewujudkan tujuanb Negara sebagaimana tercantum dalam pembukaan Undang Undang Dasar Negara RI tahun 1945.     

Amanat Undang Undang  ADN sebgaimana tersebut memberikan gambaran dan pentingnya peranan dan fungsi pegawai ASN yang tidak hanya dituntut  untuk bekerja prifesional dan bersih dari praktek KKN akan tetapi lebih dari itu Pegawai ASN harus nemiliki tanggungjawab sebagai perekat dan pemersatu  bangsa maka perlu dikembangkan Kompentensi Pegawai ASN selaku pelayan Publik dalam rangka membangun sensifitas dan keahlian Pegawai ASN dalam merespon berbagai dinamika sosial   yang berkembang dalam masyarakat untuk diterjemahkan  kedalam berbagai kebijakan program dan kegiatan pembangunan.                 

Dalam konteks inilah sebelum saudara saudati terjun ke dunia birokrasi Pemerintahan saudara saudari perlu dubekali dengan berbagai  pengetahuan dan keahlian sehingga memiliki kapasitas dan kompetensi yang memadai agar mampu menhalankan  3 (tiga) dan peran sebagai Aparatur Sipil Negara yakni sebagai pelaksana kebijakan pemerintah, penyelenggara    pelayanan publik dan perekat persatuan bangsa. Tutur Walla.

Lanjut Sekda Latihan dasar  yang akan ikut oleh ratusan peserta CPNS ini memiliki makba yang sangat strategis selain sebagai persyaratan utama dalam proses pengangkatan menjadi PNS tetap memiliki tujuan yakni pertama  tujuan urama latihan dasar CPNS golingan III dan golingan  II  adalah untuk membentuk CPNS yang memiliki pengetshuan dan wawasan sebagai pelayan masyarakat yang baik, Kedua latihan dasar CPBS  golongan III dan golongan II  ini adalah untuk memventuk CPNS  yang profesional.yaitu PNS yang karakternya diventuk okeh nilai nilai dasar PNS sehingga nantinya mampu melaksanakan tugas dan perannya secara profrsional sebagai pelayan publik. Imbuh sekda.

 Untuk itu harapan saya (Red. Sekda)  kepada seluruh peserta pelatihan  dasar CPNS agar learning spirit atau semangat belajar dapat tercipta selama mengikuti latihan dasar nantinya, dan janfan padamkan selama masa mengabdi saudara kepada pemerintah, semangat belajar  tetsebut saudara dapat  mengimplementasikan dalam mengatasi persoalan persoalan yang nantinya saudara hadapi selama latihan dasar berlangsung. Sehingga semangat belajar tersebut para CPNS dapat menghadapi ujian akhir dan tantangan lainnya dalam latihan dasar dengan sukses dan prestasi yang membanggakan. 

Tambah Sekda kepada saudara saudari saya mengucapkan selamat mengikuti Latihan Dasar CPNS baik golongan III maupun golongan II  semoga saudara saudari sekalian dapat mengikutinya dengsn baik dan penuh rasa tanggungjawab agar dapat lulus dengsn predikat baik  dan hendaknya menjaga nama baik Pemda Kabupaten Buru Selatan  selama mengikuti latihan Dasar baik di Balai  BPSDM Provinsi Maluku  di ambon baik peserta golongan III, maupun pada BKPSDM Kabupaten Buru di Namlea untuk peserta golongan II sampe dengan sekembalinya saudara saudari ke tempat tugas masing masing. Ungkap Walla.         

Untuk diketahui bahwa berdasarkan surat perintah dari masing masing SKPD peserta latihan Dasar golongan III maupun golongan II bagi CPNS dilingkup Pemda Kabupaten Buru Selatan berjumlah 200 peserta dimana untuk golongan II  sebanyak 28 orang dan golongan III sebanyak 172 orang. Dan   penyelenggaraan latihan Dasar golongan III berlangsung dari tanggal 03 ferbuari  sampe tangfal  01 april 2020 sedangkan untuk golongan  II berlangsung dari tanggal 06 Ferbuari  sampe tanggal   04 april 2020. Tandas Sekda Bursel. (kbm#nn)
Share:
Komentar

Berita Terkini