Sekda Buru Resmi Mencanangkan Sensus Penduduk 2020 Online (SPOnline) Kabupaten Buru

Editor: Redaksi author photo
Sekda kabupaten Buru M.Ilyas Hamid,SH.MH saat membuka resmi Pencanangan Sensus Penduduk online

Maluku Namlea - Sekertaris Daerah(Sekda) Kabupaten Buru  M. Ilyas Hamid, SH, MH, membuka resmi Pencanangan Sensus Penduduk 2020 Online ( SPOnline)  yang dipusatkan di gedung Aula Kantor Bupati Buru Jalan Danau Rana  Namlea Sabtu 15 Ferbuari 2020.

Acara ini dikuti oleh Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Buru , Para unsur Forum Kordinasi Pimpinan Daerah, Penjabat Sekda Kabupaten Buru, Para Asisten, Staf Ahli, Inspektur dan Pimpinan OPD di Lingkup Pemda Kabupaten Buru, Kepala Badan Pusat Statestik Kabupaten Buru beserta Staf, Para Camat dan Seluruh Undangan lainnya.

Sambutan tertulis Bupati Buru yang dibacakan oleh Sekda Kabupaten M. Ilyas Hamid, SH, MH, mengatakan Tujuan dilaksanakan Sensus adakah melakukan proses keseluruhan dan pengumpulan, pengelolaan, penyajian, dan penilaian data penduduk yang menyangkut antara lain ciri ciri demografi, sosial ekonomi, dan lingkungan hidup.
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Buru Paulus,M. Peilow,SE. saat memperagakan cara Pendaftaran Sensus Penduduk online

Sehubungan dengan hal tersebut berdasarkan Undang Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statestik, BPS selaku Instansi Pemerintah Pembina Sistem Statestik Nasional dalam melaksanakan salah satu program Prioritas Nasional yakni Sensus Penduduk 2020 yang akan dilaksanakan dalam 2  tahap yakni Sensus Penduduk Online (SPO) mulai berlangsung hari ini tanggal 15 Februari  s/d 31 Maret 2020 dan Pencacahan nanti pada bulan Juli 2020, BPS  menggunakan data Dukcapil dalam hal ini Kartu Keluarga sebagai Data  Dasar pelaksanaan SP2020 Online adalah langkah awal mengimplementasikan Perpres Nomor 39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Ibdonesia (SDI).

Salah satu tujuannya adalah memutakhirkan data kependudukan agar kedepan hanya ada satu sumber data kependudukan, tujuan kedua adalah Indonesia menuju data registrasi yang mutahir, tidak lagi menggunakan metode sensus tradisional yang selama ini di laksanakan.
Dengan di Klic Off Sensus Penduduk Oline pada hari ini sebagai tanda di mulainya Sensus Penduduk Oline di Kabupaten Buru, untuk itu pada kesempatan ini saya sampaikan kepada semua pimpinan OPD agar dapat membantu BPS dengan membuat laporan perkembangan secara mingguan dan di serahkan kepada BPS dan kepada kita semua yang hadir di sini baik pimpinan OPD, Asisten, Staf Ahli, Para Camat, Staf dan seluruh masyarakat Bupolo, mari kita sukseskan pelaksanaan SPO, karena sensus penduduk ini memiliki dampak yang besar untuk menentukan arah kebijakan pembangunan yang lebih maju dan akurat di Daerah ini.

Harapan saya selaku pemerintah Daerah dengan resmi saya mencanangkan pelaksanaan Sensus Penduduk Oline (SPO) semoga Allah SWT, senantiasa memberikan rahmat dan meridhoi setiap tugas dan pengabdian kita kepada Bangsa dan negara serta daerah kita tercinta ini harap Sekda.

Peragakan  Cara Mendaftar Sensus Penduduk Online oleh Kepala BPS Kabupaten Buru.
Pada saat acara berlangsung  diruangan yang sama Kepala BPS  Kabupaten Buru Paulus  M. Peilow, SE,
mengatakan  bahwa Sensus Penduduk Tahun Pertama BPS akan bekerjasama dengan Dirjen Kependudukan  dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementrian Dalan Negeri (Kemendagri) Republik indonesia.

Lanjut Peilow ; Sensus Penduduk Tahun  ini, menggunakan metode Multi - Mode selain pendataan lewat fisik kertas dan komputer, setiap warga negara juga mendata diri sendiri lewat online. Tutur Kepala BPS Buru

Saat acara pencanangan Sensus Penduduk Online yang resmi dibuka oleh Sekda Buru  cara mendaftar di peragakan oleh Kepaka BPS Buru  Paulus M. Peilow, SE mepraktikanya secara langsung cara untuk mendata diri lewat online,atau yang disebut computer-assisted web interviewing (CAWI)
Selain itu petugas BPS akan melakukan Sensus dengan dua cara, yakni mendata penduduk dari rumah dengan menggunakan komputer,metode ini disebut computer-assisted personal interviewing(CAPI).selain itu ada pendataan secara fisik,metode ini disebur pencil and paper interviewing(PAPI)

Kita berharap pada tahun 2020 Sensus Penduduk sudah bisa sepenuhnya menggunakan online,cara ini akan sangat efisien dan bisa dlakukan dengan cepat dan murah. Kata Kepala BPS Buru. Pinta Kepala BPS | Gres
Share:
Komentar

Berita Terkini