Tutup MTQ Ke -XVI, Laura Ajak Masyarakat Kembali ke Al - quran

Editor: Redaksi author photo
Nunukan – Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid mengajak masyarakat muslim di Kabupaten Nunukan untuk kembali berpegang kepada nilai – nilai yang terkandung di dalam Al - quran jika ingin diberi keselamatan dalam menjalani kehidupan di dunia dan akherat kelak.

Ajakan itu disampaikan Bupati Laura dalam sambutanya sesaat sebelum menutup secara resmi Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kabupaten Nunukan Ke – XVI yang diselenggarakan di Ruang Terpuka Publik (RTP) Aji Kuning, Kecamatan Sebatik Tengah, Jumat 28 Februari 2020.

Laura menyampaikan Al – quran yang begitu agung itu tidak cukup hanya dibaca, dipelajari, apalagi hanya untuk dipertandingkan semata.

“Al-quran harus benar -benar dibaca, dipelajari, dipahami dan dijadikan pegangan dalam menjalani kehidupan sehari – hari oleh orang – orang yang beriman. Al - quran adalah samudera ilmu, lautan hikmah yang tidak akan pernah habis untuk digali dan dipelajari,” kata Laura.
Oleh karena itu, masing – masing keluarga hendaknya berusaha mewujudkan suasana qurani di rumah tangganya masing – masing agar tercipta suasana damai dan tentram.

“Hiasilah rumah kita dengan bacaan Al – quran yang khus’yuk, luangkan waktu barang sejenak untuk memahaminya, dan berusahalah terus menerus untuk mengamalkanya dalam kehidupan kita sehari – hari. Karena tidak ada sedikit keraguan di dalam Al - quran,” ujarnya.

Mengutip sebuah hadist Nabi Muhammad SAW, Laura menyampaikan bahwa rumah yang didalamnya sering dibacakan Al - quran akan terlihat oleh penduduk langit seperti terlihatnya bintang -bintang  oleh penduduk bumi. Sedangkan rumah yang tidak pernah dibacakan di dalamnya Al - quran, bagaikan kuburan tempat orang – orang yang telah mati.

Dalam kesempatan itu, Laura juga mengajak kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Nunukan agar kembali mendoakan Almarhum Pratu David Akbar Husen dan Prada Budi Nur Cholis, prajurit Satgas Pamtas Yonif Raider 600/Modang, yang meninggal dunia dalam kecelakaan saat membantu menyuplai  kebutuhan air bersih bagi para peserta MTQ.

Pemerintah Kabupaten Nunukan, katanya, akan memberikan penghargaan ba’dal haji dalam ibadah haji tahun ini dan uang santunan bagi keluarga yang ditinggalkan.

Sementara itu, Malam Penutupan MTQ Ke – XVI tersebut dihadiri antara lain Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) H. Andi Muhammad Akbar, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nunukan H. Muhammad Saleh, Asisten Pemerintahan dan Kesra yang sekaligus menjabat sebagai Ketua LPTQ Muhammad Amin, para kepala dinas, para ulama, dan tokoh masyarakat di Kecamatan Sebatik.

Ratusan warga di Aji Kuning dan sanak keluarga dari para peserta MTQ juga turut menyaksikan malam penutupan yang berlangsung semarak tersebut. (HN/HUMAS)
Share:
Komentar

Berita Terkini