Forum Silaturahmi Kamtibmas Polres Pulau Buru Bersama Tokoh Agama, OKP, Kepala Desa, dan Tokoh Masyarakat

Editor: Redaksi author photo
Kapolres pulau Buru AKBP Ricky Purnama Kertapati, S.IK M,SI saat membuka kegiatan forum silaturahmi Kambtibmas Polres pulau Buru

Maluku Namlea - Kapolres Pulau Buru AKBP Ricky Purnama Kertapati S.IK, M.Si, membuka acara kegiatan Forum Kambtimas Polres Pulau Buru Pada hari Senin 02 Maret 2020 pukul 09.33 Wit Wit, bertempat di Aula Bayangkari Polres Pulau Buru.

Turut hadir dalam kegiatan ini yakni : Kapolres P. Buru AKBP Ricky Purnama Kertapati, S.I.K., M.Si, Wakapolres P. Buru Kompol Bacri Hehanussa S.E.,M.Si., Para Kabag Polres P. Buru, Para Kasat, serta para perwira staf Polres P. Bur, Para Kepala desa di kecamatan Namlea dan Lilialy, Para Pimpinan Okp Kabupaten Buru, Para Toga, toda, tomas, serta tamu undangan lain yang hadir kurang lebih 35 (tiga puluh lima) orang.

Kapolres Pulau Buru Ricky Purnama Kertapati memberikan sambutan sekaligus membuka acara Silaturahmi Kamtibmas yang dimana kami disini membutuhkan masukan" sebenarnya tentang gangguan Kamtibmas yang ada di wilayah  daratan kita yakni Kabupaten Buru sehingga kami bisa menerapkan pola yang tepat

Lanjut Ricky, Gangguan Kamtibmas yang akhir-akhir ini khususnya di tahun 2020 sudah menjadi suatu fenomena yg terjadi di wilayah kita khususnya yang menyimpang kepada anak-anak. 

Kita lihat mulai tahun 2018 terdapat 8 kasus bisa kita selesaikan dan pada tahun 2019 terjadi juga kekerasan terhadap anak baik itu yang bersifat pencabulan maupun penganiayaan, yang mana di tahun 2018 persetubuhan atau pencabulan terhadap anak yang ada di Kabupaten Buru itu sebanyak 6 kasus dan itu terjadi di wilayah Kabupaten Buru Selatan dan di Kabupaten Buru juga  ada 2 kasus di tahun 2019 yakni pencabulan anak, namun menurun dari 6 menjadi 5 kasus. Kata Kapolres.
Bahwa rekan-rekan sudah mengetahui atau memonitor apa yang terjadi tahun di tahun 2020 yang mana menimpa seorang anak berusia 7 tahun yg di lakukan oleh oknum yg tidak bertanggung jawab melakukan pencabulan, pencabulan ini sebenarnya bukan hanya tanggung jawab polisi saja, namun tanggung jawab rekan" juga dan saya ingin rekan" untuk ikut bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar. Ungkap Kapolres

Dalam kegiatan ini dlanjutkan dengan diskusi antara lain : 
Ketua IMM menyampaikan Bahwa sebagai Bahbinkamtibmas di desa Oki Baru Kabupaten Buru Selatan yang mana bahbinkamtibmas dlm menjalankan tugas dan tanggung jawab tidak Profesional menangani  masalah atau kasus yg saat ini terjadi seolah - olah menghindari kasus tersebut yg terjadi di desa Oki Baru

Saya sampaikan agar tidak boleh ada yang namanya intimidasi kepada semua masyarakat setempat di desa Oki Baru, yg mana tugas dan tanggung jawab bhabinkamtibmas itu harus melayani setiap masalah dan tanggung jawabnya menangani masalah yang terjadi di tempat , bukan untuk meng oper masalah ke sana-kemari.

Kepala Desa Sanleko mengatakan 
Bhabinkamtibmas bersama Bhabinsa serta perangkat desa bisa meminimalisir tingkat kejahatan yg bermula dari Miras 
Terkait dengan kejahatan di masyarakat memang secara umum tidak memahami bahwa tipe kejahatan yang ditimbulkan oleh pengaruh minuman Keras

Kepala desa lala merasa cukup karena pimpinan sangat mendukung dengan gerakan (Gelora) yang berada di desa Lala 

Ketua HMI  mengatakan Hal yang paling menarik perhatian bagi kami dari Himpunan Mahasiswa Islam yaitu soal masalah asusila yang terjadi pada wanita yang masih dibawa umur, satu hal yang masih jadi kecenderungan masyarakat disini terkadang menilai hal tersebut sebagai sebuah kenakalan remaja  padahal kalau kita telusuri bisa saja hal-hal yang terungkap ini hanya sebagian kecil daripada efek gunung yang artinya masih ada hal-hal lain atau kasus-kasus yang sama tapi belum terungkap.

Yang paling mungkin yang harus kita lakukan adalah seluruh masyarakat harus bisa menjadi polisi. Olehnya itu harapan saya para orang tua yang ada di sini bisa menjadi polisi bagi lingkungannya dan bisa mengawasi sehingga bisa meminimalisir dan bisa melaporkan hal-hal yang memang tidak sesuai dengan norma-norma yang berlaku pada masyarakat setempat 
Tokoh masyarakat desa lala meminta  bagaimsna  solusi minuman jenis Sopi di musnakan di karenakan sebagian besar masyarakat ada yg memenuhi kebutuhan hidupnya dengan menjual Sopi

Mungkin kita bisa menghimbau kepada anak-anak yg  pendidikan SD SMP maupun tingkat SMA yang sekarang ini maraknya meminum- minuman keras.

Tokoh masyarakat desa Waiperang Mempersoalan minuman keras bahwa para kepala desa dianjurkan untuk membuat perdes terkait agar bisa meminimalisir para masyarakat yg mengkomsumsi minuman keras.

Menyangkut dengan generasi muda krisis moral itu salah satu hadis nabi bahwa ada anak-anak yang umur 7 tahun diperintahkan untuk melaksanakan salat apabila dia tidak melaksanakan dipukul dengan pukulan yang tidak membahayakan, kalau kita lihat di akhir - akhir ini banyak siswa - siswi yg melawan guru yg mana apabila guru mengambil langkah berlebihan para siswa - siswi melapor guru kepada pihak kepolisian.

Kepala desa Ubung menyikapi kondisi sosial yang terjadi di masyarakat ada tindakan tindakan yang menyimpang yang kemudian kategorinya melawan hukum.

Di tingkat Desa dalam hal ini sudah mengadakan rapat umum dengan masyarakat kemudian sama-sama memutuskan dan membuat berita acara semacam peraturan Desa, tapi kemudian kembali kepada pihak kepolisian kami tidak bisa berbuat banyak terkait dengan miras di desa.

Secara umum banyak agen agen penjual miras tapi kemudian yang tadi saya sampai kan sudah kita buat dalam kesepakatan bersama pemerintah Desa dan masyarakat setempat, tapi belum ada penguatan dari aparat kepolisian dari tempat ini saya berharap apa yang disampaikan Wakapolres nantinya setelah ini ada kesepakatan dan langkah konkrit kira-kira apa yang nantinya kita perbuat.

Oleh para pemuda-pemudi yang terkait dengan kegiatan ini semua kembali ke kita Pemerintah Desa bagaimana kita mengatasi dan mengantisipasi masalah masalah yang terjadi di desa, saya selaku Pemerintah Desa Ubung dan para tokoh agama tokoh adat di desa sudah membentuk limas untuk menertibkan para pelajar yang berkeluyuran diatas jam 10 mlm yang mana untuk memerintah para pelajar untuk bajar

Pemerintah desa Jamilu mengatakan yang membuat ATM produksi sopi yang terindikasi memproduksi sopi jujur itu hanya segelintir orang saja, dan tidak  seluruhnya mungkin dipresentasikan sekitar 20%  yg membuat 100% tidak membuat

Tanggal 30 Februari kemarin kami bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas melakukan tindakan preventif produksi Sopi melakukan langkah konkrit ke seluruh warga yang terindikasi memproduksi sopi itu kurang lebih ada berita daftar akhirnya sekitar 40 orang 

Lewat sambutan kepala desa menyampaikan penekanan bahwa untuk mulai dari hari ini sopi harus ditiadakan, untuk sopi mungkin nantinya diproduksi menjadi inovasi yang baru yakni gula merah atau yang lain akan tetapi jadi catatan ini bukan hanya menjadi tugas pemerintah harus ada perhatian juga dari instansi terkait dalam hal ini dinas perindustrian.

Ibu pendeta Mengatakan Kita yang ada di dalam ruangan ini adalah sebuah cita-cita ketika kita ada di dalam forum silaturahmi pertama-tama saya memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Polres Pulau Buru untuk kegiatan di hari ini  ada Beberapa kasus terakhir ini yang sempat saya lihat Saya dengar dan mengikuti di medsos dan sebagainya kami dari pihak gereja sangat mendukung proses forum silaturahmi ini yang mana kita bersama - sama menjaga situasi Kamtibmas. 

MUI Kab. Buru mengatakan Aktivitas keagamaan yang dilakukan oleh jamaah di setiap masjid di Kabupaten buru ini kondisinya sangat sedikit, banyak para perangkat desa pada saat giat keagamaan, di desa banyak yang tidak hadir, sehingga perlunya toko masyarakat dan pemerintah desa melakukan giat keagamaan berupa zikir serta doa bersama di desa masing-masing.

Presma Iqra Buru mengatakan Bahwa Surah Arrahman artinya kalau misalnya orang yang menasehati anak yang satu dengan yang satu dengan bahasa yang sangat mengenai agama, untuk melakukan sesuatu dia kan takut contohnya seperti saya tidak meminum minuman keras.

Toko Agama Imam mesjid mengatakan Pemberantasan minuman keras sebab tidak hanya Sopi saja yang harus di musnakan  tetapi juga minuuman keras yang berlebel di toko-toko cina ini barangkali yang menjadi perhatian dari para polisi sehingga nanti ke depan kita akan menjalin kerjasama antara pemerintah dan kepolisian.

Kepala desa Sawa mengatakan Memang desa jangkauan kami jauh kami meminta kepada Polres P. Buru kami berharap sekali" melakukan Patroli ke desa Sawa sehingga bisa Meminimalisir ganguan kamtibmas di desa Sawa khususnya minuman keras

Pimpinan GMNI mengatakan Setiap hari dan setiap saat kita melihat kejadian yang kecil maupun yang besar, tapi saya sampaikan bahwa kalau kita berbicara yang besar yang kecil dari kecil menjadi besar dan besar akan menjadi lebih besar,  jadi kembali kepada diri kita bagaimana hari ini saya pulang ke rumah orang tua saya nasihat saya kakak jangan pernah minuman-minuman keras 
Saya minta agar waktu yang ditentukan oleh untuk acara ijin keramian dihentikan apabila sudah waktunya, dikarenakan tokoh agama tokoh adat melarang apa bilah sudah melewati jam yang sudah di tentukan, agar bisa mengurangi para pemuda mengkonsumsi minuman-minuman keras.

Pembulatan Kapolres P. Buru Terkait dengan miras Polres P. Bburung akan melakukan koordinasi dengan Pemda Kabupaten buru untuk dibuatkan regulasi.

apabila terdapat masyarakat terutama kalangan remaja yang sengaja mengkonsumsi minuman keras maka akan dilakukan pembinaan oleh pihak Polres Pulau Buru selama 3 hari.

Kegiatan ini positif dan akan dibuat  STR Polres Jajaran untuk dilakukan kegiatan di wilayah masing-masing.

Apabila di salah satu desa terdapat orang yang mengkonsumsi minuman keras dan ribut untuk menghindari perebutan apabila apabila ditangani oleh desa hendaknya dari Desa telepon ke polisi untuk melaporkan. Tandas Kapolres ( Gres ).
Share:
Komentar

Berita Terkini