"Mas Mus" Dan Dandim 0117/Atam Bersahabat Baik

Editor: Redaksi author photo
Aceh Tamiang - Beberapa hari yang lalu "Mas Mus" bertemu Dandim 0117/Atam Letkol Inf. Deki Rayuansyah Putra S.Sos. IM.Pol disebuah waroeng kopi biasa, kamis (19/3/2020). Letkol inf. Deki sudah beberapa tahun memegang kendali Markas Komando Distrik Militer di Aceh tamiang dan beliau juga seorang prajurit TNI yang Baik, sederhana, rendah hati, dan bijaksana loyal terhadap anggotanya.

Dalam pertemuan "Mas Mus" dan Dandim Deki banyak hal yang mereka bincangkan. Perbincangan mereka melebar hingga tentang Nasionalisme arti yang luas di aceh umumnya dan di aceh tamiang khususnya harus menjalankan UUD 1945 serta MoU Helsink 14 agustus 2005, agar tercipta kondisi perdamaian dan kedamaian abadi menuju dua aspek Politik Adil dan Sejahtera.

Di sela - sela waktunya kepada wartawan  "Mas Mus" juga membagi ilmu tentang integritas diri.
"Integritas diri adalah selarasnya hati dengan ucapan dan tindakan, Apabila selarasnya hati dengan ucapan saja biasanya disebut jujur. Sedangkan selarasnya ucapan dan tindakan biasanya disebut komitmen. Dan integritas adalah gabungan antara kejujuran dan komitmen", jelas Mas Mus.

Masmus juga menambahkan "Orang yang memiliki integritas biasanya memiliki “power” yang lebih kuat. Untuk meyakinkan orang lain ia tidak perlu banyak bicara. Orang yang berintegritas tinggi memiliki pengaruh yang lebih kuat dibandingkan dengan orang berintegritas rendah. Pengaruh adalah inti dari leadership. Untuk itulah, dalam pembahasan leadership, salah satu prasyarat mendasar pemimpin yang benar benar memimpin adalah memiliki integritas", terang mas mus.

"Pemimpin yang miskin integritas boleh jadi hanyalah pimpinan yang miskin pengaruh. Boleh jadi jabatannya tinggi tetapi pengaruhnya kecil. Tentu yang paling ideal adalah jabatannya tinggi, integritasnya tinggi dan pengaruhnya juga tinggi", ucapnya lagi.

Mas Mus terangkan semakin mendalam "Sederhananya Self Integrity bisa dilatih dengan cara membiasakan membuat janji untuk diri sendiri dan memenuhi janji tersebut. Misalnya, Anda berjanji untuk setiap pagi berolahraga 30 menit. Penuhi janji tersebut. Bisa juga berjanji untuk setiap pekan membaca satu buah buku dan Anda memenuhi janji tersebut. Setelah Anda terlatih memenuhi janji pada diri sendiri, biasakanlah membuat janji dengan orang lain dan penuhilah janji itu. Dan itu apa jadinya jika pemerintahan atau para pejabat sekarang sebelum menjabat banyak janji - janji manis, kenyataannya pahit dirasakan rakyatnya setelah menjabat banyak diantara pejabat itu yang ingkar dengan janjinya sendiri. Miris memang tapi masyarakat lah yang menjadi korban politik tersebut", terangnya lagi.

"Dalam hal itu Integritas adalah hal yang sangat penting dalam kemajuan karir dan bisnis, sebaiknya kita terus berlatih agar integritas menjadi mendarah daging dalam hidup kita. Kata guru saya “untuk membedakan orang yang tahu malu dan tidak gampang caranya. Lihatlah integritasnya. Orang yang tidak punya rasa malu itu biasanya tidak punya integritas", tutupnya mas mus. (Andri)
Share:
Komentar

Berita Terkini