SAMBUT KUNKER LEGISLATIF PIDIE JAYA, MURSIL SEBUT PROGRAM UNGGULANNYA

Editor: Redaksi author photo


Aceh Tamiang - Bupati Aceh Tamiang Mursil, SH, M.Kn beserta jajarannya menyambut kedatangan seluruh anggota Komisi B dan Komisi D DPRK Pidie Jaya dalam rangka kunjungan kerja, bertempat di Aula Setdakab Aceh Tamiang sekira pukul 14.30 Wib pada,  Selasa (03/3/2020).
Kegiatan ini dimulai dengan pemutaran video Selayang Pandang Aceh Tamiang yang berisi sejarah singkat terbentuknya Kabupaten Aceh Tamiang, Data wilayah dan kependudukan Kabupaten Aceh Tamiang, Sektor Unggulan bidang Pertanian, Perkebunan, Perikanan/Tambak, Sektor Lingkungan Hidup, Sektor Pariwisata berdasarkan wilayah antara lain Hulu, Tengah dan Hilir dan juga jenis wisata berdasarkan proses yakni wisata alami, potensi buatan, cagar budaya.
Selanjutnya dalam sambutan Bupati Aceh Tamiang H, Mursil, SH, M.Kn, banyak memaparkan program-program yang menjadi unggulan di Kabupaten Aceh Tamiang, salah satunya yang sedang digalakkan yaitu program magrib mengaji. Mursil turut menjelaskan produk unggulan lainnya dari Kabupaten Aceh Tamiang yakni dari sektor perkebunan Kelapa Sawit dan juga dari sektor perikanan/tambak. Mursil juga memaparkan mengenai cagar budaya yang dimiliki Aceh Tamiang seperti Istana Karang yang saat ini masih menjadi asset Pertamina serta prestasi yang telah diraih oleh Kabupaten Aceh Tamiang belum lama ini yakni mengembangkan program Replanting Sawit yang mendapatkan penghargaan Serambi Award di Banda Aceh.
Sedangkan dari sektor pariwisata, Mursil telah meminta kepada Dinas PUPR  Aceh Tamiang untuk Tahun 2021 agar memfokuskan pada pembangunan infrastruktur menuju tempat wisata yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang. Oleh karena itu, Pemkab Aceh Tamiang bersinergi dengan semua instansi dan elemen untuk membenahi objek wisata. Sedangkan untuk pengelolaannya, Mursil menyerahkan sepenuhnya kepada aparat Kampung dan masyarakat melalui Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dengan mengelola dana desa yang baik sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dan mendongkrak PAD dan juga merupakan strategi yang efektif  dalam mengentaskan kemiskinan.
Dikesempatan yang sama Bupati Mursil menegaskan bahwa target 3 tahun kedepan dimasa jabatannya akan meminimalisir angka kemiskinan, yang sebelumnya 13% sekarang turun menjadi 10%. Mursil menjelaskan Pemkab Aceh Tamiang melakukan penanggulangan kemiskinan yaitu dengan cara memberdayakan masyarakat dan pemanfaatan dana desa yang baik. Disamping itu Aceh Tamiang bekerjasama dengan kementerian Tenaga Kerja RI melalui program SDC (Skill Development Center) yang berbasis memberikan pelatihan serta keterampilan kepada anak-anak yang tidak kuliah, serta memberikan bantuan-bantuan modal usaha berupa peralatan/barang, dan sudah terbukti hasilnya melalui SDC ini, masyarakat dapat mandiri dan dapat menutupi kebutuhan ekonominya.
Acara ini dilanjutkan dengan sambutan dari H. Syahrul Nurva, SH selaku Wakil Ketua DPRK Pidie Jaya menjelaskan selain melakukan kunjungan kerja, kegiatan ini juga bertujuan untuk menjalin silaturahmi antara Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang dengan Komisi B dan D DPRK Pidie Jaya.
Dijelaskannya, rombongan Komisi B Kabupaten Pidie Jaya yang hadir berjumlah 5 (lima) orang yang terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris dan 2 (dua) orang anggota. Sedangkan untuk Komisi D yang hadir berjumlah 6 (enam) orang yang terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris dan 3 (tiga) orang anggota.
“Melihat dari capaian-capaian dan prestasi yang diperoleh Kabupaten Aceh Tamiang sangatlah mengharukan. Mudah-mudahan dari hasil kunjungan kerja ini nantinya dapat memperoleh hasil yang signifikan dan berguna bagi kemajuan serta dapat diaplikasikan di Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya,” tutur Syahrul.
Acarapun berlangsung santai dengan diselingi tanya jawab dari para peserta kunjungan Kerja Komisi B dan D kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang terkait pengelolaan tempat wisata, memanage pupuk bersubsidi, sampah, porsi anggaran dibidang pembangunan,  mengenai pelatihan SDC serta strategi Pemerintah dalam memanage PAD.
Acara selanjutnya penyerahan Plakat oleh Bupati Aceh Tamiang kepada Wakil Ketua DPRK Pidie Jaya H. Syahrul Nuva, SH serta sesi foto bersama. |Andre
Share:
Komentar

Berita Terkini