Wahyu Wahyudin SE.MM. Realisasikan Siswa Lulusan SMKN 5 memiliki keahlian Neutika tingkat IV.

Editor: Redaksi author photo
Anggota Komisi IV DPRD Kepri Wahyu Wayudin,SE.MM

Tanjungpinang, (Kepri) - Sekolah Menengah kejuruan SMKN 5 yang konsentrasi di bidang kelautan/pelayaran  dan perkapalan,  diminta kepala sekolah memastikan Lulusan SMKN 5 memiliki sertifikat keahlian Neutika tingkat IV. jangan hanya memegang ijazah umum semata. 

Demikian dikatakan sejumlah orangtua siswa yg dihimpun wartawan MEDIA hariannusantara.id, selama ini di gadang- gadang miliki program pendidikan unggulan bidang maritim dan Neutika / pelayaran dan  perkapalan. Yg pada gilirannya bakal jadi sekolah faforit yg mencetak tenaga kerja terdidik dan terlatih bidang pelayaran dan perkapalan. Ternyata belum memiliki kwalifikasi sertifikasi keahlian Neutika  berjenjang.

Anggota komisi IV DPRD Kepri Wahyu Wayudin, SE.MM, Mengatakan Management sekolah Kelautan (pelayaran) dan perkapalan jangan biarkan tidak memiliki keahlian Neutika tingkat empat. Ini kebutuhan anak kepri yg hidup di laut. Berdasarkan data PPS wilayah pemerintak Prov.Kepri 98 persen wilayah laut. Jadi siswa SMKN 5 generasi Kepri  harus dibekali ilmu, ketrampilan dan keahlian berjenjang dan bersertifikasi tegas Wahyu.

Bila hanya izazah umum lebih baik sekolah SMAsaja. tidak perlu menghambur - hamburkan biaya sekolah dari orang tua. Ia mengharapkan jangan di  kecewakan Siswa dan orangtua murid. Diminta segera diwujudkan ujian negara Neutika Tingkat IV (empat)   ujarnya tegas.

Perlu di garis bawahi Sekolah menengah kejuruan kelautan / pelayaran dan perkapalan harus jadi contoh karena berada di ibu kota provinsi Kepri. 

Lebih jauh di katakan kepsek jangan tinggal diam. Ini masa depan generasi kita. Bila kepsek tidak tak cakap perlu di evaluasi. Masa tak bisa menjalin hubungan dan komunikasi di di lembaga negara yg berkompeten. Kan bisa Menjalin kerjasama di UMRAH pada program tertentu. Diminta jeli memikirkan kebutuhan pendididikan demi masa depan generasi kepri ujarnya serius.

Ia menambahkan kepsek dan dinas pendikan segera diprogramkan kebutuhan SMKN 5 jangan mununggu saja. Biar turut kita bahas pa musrebang bulan depan. Selain itu pejabat disdik dan para kepri jangan anti kritik. Kritik yang mamajukan daerah  bagus kita terima. ujarnya kesal menjawab wartawan hariannusantara.id di ruang kerjanya jangan alergi wartawan. 

Saat dikonfirmasi kadisdik provinsi Kepri Rabu (4/3) Dr. Moh Dali  terkait langkah yang ditempuh  memajukan SMKN 5 sekolah yg berprogram  kemaritiman / neutika dan perkapalan untuk mewujudkan pendidikan kelautan/pelayaran dan perkapalan  memiliki kwalifikasi dan sertifikasi keahlian Neutika  berjenjang, sampai saat  belum ada jawaban, Ketika di hubungi di Gedung kerjanya. Selalu jawaban bapak kadis  Dinas luar kata stafnya.

Ditempat terpisah saat dikonfirmasikan kabid SMK Disdik prov.Kepri,  Irwan panggabean ST, pekan lalu di dampingi Arief Salman dan Hanafi. 
Ia menjelaskan TA. 2020 Pihaknya fokus membangun RPS (rencana pembelajaran siswa)  plus alatnya dan Labor., tutur Irwan Panggabean pd hariannusanta id diruang kerjanya.
Gedung SMK N5 Tanjungpinang

Menyinggung Legalitas Ijazah peserta didik angkatan pertama ini di SMKN 5 pendidikan  Maritim dan perkapalan Irwan mengatakan ini sekolah baru yg terus kita perjuangkan.

Namun Salman menambahkan lulusan SMK maritim dan perkapalan  bersertifikasi selain izazah umum. 

Siswa/i peserta didik bidang kemaritiman dan perkapalan dan telah mengikuti prakerin selama enam bulan punya sertifikasi katanya.

Saat dikonfirmasikan kepsek SMKN 5 terkait lulusan sekolah kelautan dan perkapalan tidak berada di tempat kerjanya. Dan ketika di hubungi via telp. Selulernya ia menjawab sy lagi sibuk. Terkait sekolah yg dipimpinnya  itu hanya mengikuti ujian Nasional. Untuk ujian negara    masih belum  jelas kepsek  SMKN 5  Drs.Zulkarnain dg singkat.

Pantauan wartawan harian nusantara.id Hingga saat ini sikap kepemimpinannya memprihatinkan belum di beri informasi pada publik  apa kebutuhan mendesak di sekolah yg dipimpinnya itu. Dan Kepsek yg  bersangkutan jarang mengawasi tim edukasi dan instruktur di sekolah yg dipimpinnya itu.

Bagaimana sikap  pemerintah daerah provinsi Kepri di bawah kendali plt. Gubernur Kepri Drs. H.ISDIANTO apakah mampu mengantarkarkan Peserta didik SMK maritim untuk dapat pengakuan pelayaran  negara dan IMO. sehingga lulusan SMK kelautan dan perkapalan di Tanjungpinang mampu  bersaing di bursa kerja bidang pelayaran baik tingkat Nasional maupun  internasional. Kita lihat saja nanti. | •Yon
Share:
Komentar

Berita Terkini