Walikota Tanjungpinang Buka Seminar, Empat Pilar Kebangsaan

Editor: Redaksi author photo
Walikota Tanjungpinang H. Syahrul S.Pd. saat membuka seminar empat pilar kebangsaan

Tanjungpinang, Kepri - Walikota Tanjungpinang H.Syahrul S.Pd. membuka seminar empat pilar kebangsaan dengan  nara sumber Mayjen Mar (Purn) Sturman panjaitan SH, sabtu (14/3) di aula restauran Nelayan Tanjungpinang provinsi Kepri.

Sambutan Walikota ia mengatakan Tujuan Negara secara singkat menciptakan masyarakat adil dan makmur. Di tengah sambutan ia melempar pertanyaan  kepada peserta seminar.  ia mengatakan dalam kehidupan kita  " apakah sudah ada keadilan"  dan peserta seminar menjawab belum.

Lalu ia melanjutkan pembicaraan sampai saat ini keadilan belum terwujud. Ia mencontohkan kemiskinan masih ada. 
Ditambahkannya  untuk menghapus kemiskinan, bila hanya APBN & APBD tidak bisa terwujud kalau tidak diiringi dengan kasih (saling mengasihi) dan saling mendukung ditengah-tengah masyarakat, ujar mantan kepsek tersebut.

Walikota mengharapkan  kita harus hidup dalam bingkai negara kesatuan RI. Dan diharapkan masyarakat berperilaku patuh dan taat pada peraturan.

Selain itu ia lebih jauh mengenang ketika dirinya seorang guru mendidik dan mengajarkan "empat pilar kebangsaan "  yakni pancasila, UUD 1945; Negara kesatuan Republik Indonesia & Bhinneka Tunggal Ika. 

Hal ini tertuang dalam Tap MPR No 2 tahun 1978. Yang dikenal dengan istilah P4. (Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila) eka prasetia pancakarsa. Menjadi materi belajar mulai dari SD; SMP;SMA, bahkan diajarkan pada PNS yang baru diterima menjadi pegawai Negara.
Dan dalam pelaksanaan : rumusan Pancasila  di dahulukan sila pertama adalah Ketuhanan yang maha Esa. Tujuan mendidik generasi yg berarti merubah tingkah laku bukan hanya mengajar dari yang tidak tau menjadi tau, tegas Walikota. Jadi masyarakat berperan dalam membangun kesatuan dan kerukunan di tengah- tengah masyarakat yg pluralis.

Berbagai pandangan peserta seminar mengharapkan dalam mewujudkan kesatuan kerukunan dan kedamaian di tengah- tengah masyarakat berada di tangan pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Dalam menciptakan kehidupan yang berkeadilan di tengah- tengah masyarakat. Semoga empat pilar kebangsaan dapat di wujudkan  seirama aturan yang ada tercapai pelaksanaannya.  | Yon.
Share:
Komentar

Berita Terkini