Yulianis ; Pengambilan Sampel Swab 5 Orang Terdeteksi Positif Rapid Tes, 3 Orang lanjut tes PCR dan 1 Orang Kontak Erat dengan Pasien Covid-19.

Editor: Redaksi author photo
Tim Medias BTKL Kelas II Ambon dan Dinas Kesehatan Provinsi Maluku saat Pengambilan  Sampel Swab 9  Orang

Maluku Namlea- Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Buru Yulianis Rahim alias Nani kepada media ini dinamlea Kabupaten Buru Senin (20/04/2020).

Melaporkan situasi terkini penanganan covid-19 di Kabupaten Buru Hari ini Senin, 20 April 2020 tepat pukul 14.25 WIT telah dilakukan pengambilan sampel swab Nasofaring dan swab Orofaring kepada 9 orang, dengan rincian:  8 ODP, dan  1 orang kontak erat. Pengambilan sampel swab tenggorokan diperlukan untuk pemeriksaan PCR demi penegakan diagnosa Covid-19.
Lanjut Nani, Dari ke 9 orang tersebut 5 orang  diantaranya terdeteksi positif dari pemeriksaan rapid test, 3 orang lainnya membutuhkan tes konformasi lanjut dengan PCR, sedangkan  1 orang kontak erat dengan pasien covid-19.  JW (23th) dari Jakarta,  WW (23th) dari Jakarta, AA (23th) dari Malang, MR (33th) dari Bogor, dan ARM (28th) dari Solo  merupakan ODP dengan hasil rapid test positif, mereka saat ini sedang menjalani masa karantina di penginapan  Silta. 3 orang lainnya HA (38th) dari Makassar, MZ (18th) dari Surabaya, dan IN  (23th) dari Jakarta perlu tes konfirmasi dengan PCR, ketiganya menjalani isolasi mandiri. Ujar Nani

Sedangkan 1 orang kontak erat pasien covid-19  FN (23th) menjalani karantina di Penginapan senyum Bupolo. Pengambilan sampel swab dilakukan di penginapan Silta, 3 ODP yang menjalani isolasi mandiri dan 1 orang kontak erat pasien covid-19 dievakuasi oleh tim evakuasi ke Penginapan Silta. 

Kata Nani Tim yang melakukan pengambilan sampel sebanyak 2 orang, yakni 1 orang dari BTKL Kelas II-A Ambon dan 1 orang dari Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, dan Kami ( red.Nani) mengikutkan  4 orang tenaga laboratorium Kabupaten Buru untuk melihat/On The Job Training cara pengambilan sampel swab tenggorokan, karena nantinya ke empat tenaga laboratorium ini akan dilatih secara formal untuk menjadi tim pengambil sampel Covid-19 di Kabupaten Buru. 
Pengambilan swab berakhir pada pukul 15.20 WIT.  Ke-9 sampel ini selanjutnya disimpan dalam transport media untuk selanjutnnya menunggu sampel ke-2 yang akan di ambil besok Selasa tanggal 21 April 2020. Imbuh Nani

Selanjutnya, Rencananya tim akan kembali ke Ambon pada Selasa malam  untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan PCR. Jika semua proses ini lancar, maka hari Jumat tgl 24  April hasil pemeriksaan PCR dapat kami umuman. Tandas Nani ( Grace ).
Share:
Komentar

Berita Terkini