Berkat TMMD, Warga Seumadan dan Rimba Sawang Makmur

Editor: Redaksi author photo
ACEH TAMIANG, - Sejumlah proyek infrastruktur yang digelar melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Desa Seumadam, Kecamatan Kejuruan Muda, Kabupaten Aceh Tamiang, mendapat respons positif dari seluruh masyarakat setempat.

Kegiatan pembangunan yang dilaksanakan oleh jajaran Satgas Kodim 0117/ Aceh Tamiang, itu diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan warga di wilayah yang selama ini kurang mendapat perhatian.

Hal itu dikemukakan warga Seumadam Dedy kepada media ini, Minggu (5/7/2020). Menurut dia, program TMMD yang berlangsung selama 30 hari difokuskan di Desa Seumadam dan Desa Rimba Sawang, wilayah tandus yang minim infrastruktur serta kurang sejahtera.

Ia mengemukakan selama ini masyarakat mengalami kendala untuk melakukan aktifitas perekonomian. Bahkan, anak-anak yang berdomisili di kedua desa itu juga harus menempuh rute yang cukup jauh untuk menuju sekolah.
Persoalan lain yang masih membebani ialah sulitnya mendapatkan sumber air bersih, khususnya ketika musim kemarau. "Itulah sejumlah masalah yang kami rasakan. Kehadiran program TMMD di desa ini telah menjawab masalah kami," kata Dedy.

Senada dikemukakan Hery, warga Desa Rimba Sawang. Ayah dua anak yang kesehariannya berjualan jajanan anak-anak di depan sekolah mengaku pasrah menerima nasib.

Namun, berkat program TMMD, Hery mendapat semangat baru untuk kembali bekerja dengan memanfaatkan fasilitas yang diberikan TNI. Hery merupakan salah satu warga yang beruntung karena mendapat dukungan oleh Satgas TMMD Kodim 0117/Aceh Tamiang

Yang sempat tidak berjualan karena jalan yang hancur untuk menempuh ke sekolah-sekolah berjualan mencari sesuap nasi.

"Ekonomi di sini sulit, jalan berlumpur, dan air juga kering. Kami terpaksa hidup dalam kemiskinan," kata dia.
Komandan Kodim 0117/Aceh Tamiang yang bertindak selaku Komandan Satgas TMMD Kodim 0117/Atam Kabupaten Aceh Tamiang Letkol Inf Deki Rayusyah Putra, mengatakan Desa Seumadam dijadikan sasaran kegiatan karena wilayah tersebut masuk kategori miskin sesuai data statistik.

Daerah di sana mayoritas tanah lumpur, masyarakat tidak bisa berbuat apapun juga sulit. Selain miskin, desa itu banyak lansia, jauh dari harapan, dan perkampungannya tidak tertata," Dandim Aceh Tamiang

Sementara sasaran nonfisik meliputi pelayanan KB kesehatan. Masyarakat sangat antusias dan mengapresiasi kehadiran kita untuk menuntaskan seluruh kegiatan tersebut," tandasnya

penulis : Muhammad Irwan
Share:
Komentar

Berita Terkini